Strategi Berkelanjutan

Dengan pengembangan bisnis yang kompleks, tim manajemen kami merasakan kebutuhan akan tata kelola perusahaan yang baik dalam mengelola kegiatan bisnis sehari-hari mereka. Tata kelola perusahaan yang baik yang diadopsi dipengaruhi oleh visi, misi, dan nilai-nilai perusahaan kami. Penerapan tata kelola perusahaan yang baik dari Express Group mencerminkan komitmen manajemen untuk terus menciptakan perusahaan yang transparan dan akuntabel di antara seluruh pemangku kepentingannya. Dengan meningkatkan praktik tata kelola perusahaan yang baik, Express Group akan dapat memaksimalkan nilai-nilai bagi semua pemangku kepentingan dan untuk menerapkan prinsip-prinsip keterbukaan, akuntabilitas, kepercayaan, tanggung jawab dan keadilan kepada semua pemegang saham, Dewan Direktur dan Komisaris, mitra bisnis, karyawan dan pemangku kepentingan lainnya.

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Sebagai warga korporasi yang baik (good corporate citizenship), pelaksanaan program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan bagian dari tanggung jawab moral yang harus dilakukan oleh Perusahaan yang menjalankan usahanya di tengah masyarakat dan berinteraksi dengan berbagai pemangku kepentingan lainnya. Sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku, Perseroan melakukan program-program tanggung jawab sosial Perusahaan (CSR) untuk berkontribusi dalam membangun kualitas kehidupan yang lebih baik bersama para pemangku kepentingan yang diwujudkan dengan realisasi tanggung jawab sosial dan lingkungan secara terpadu dalam seluruh kegiatan usaha. Tanggung jawab sosial ini merupakan wujud kepedulian secara berkelanjutan terhadap kelestarian lingkungan hidup, perlindungan terhadap pelanggan, pemberdayaan masyarakat serta penerapan aspek Ketenagakerjaan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

Tanggung Jawab Terhadap Lingkungan

Saat ini perusahaan mengoperasikan unit taksi listrik dan rutin melakukan cek emisi pada setiap armada Bus guna mengurangi polusi udara yang disebabkan oleh kendaraan secara umum. Selain itu penghematan akan air dan listrik juga dilakukan demi menjaga keberlangsungan lingkungan.

Tanggung jawab Terhadap Aspek K3

Praktik ketenagakerjaan yang dilakukan Grup senantiasa memperhatikan hak dari pada pegawainya, dari tingkatan karyawan hingga manajemen. Grup juga senantiasa memberikan tunjangan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Kegiatan pemeliharaan juga rutin dilakukan oleh Grup pada armadanya. Kegiatan pemeliharaan tersebut meliputi uji emisi, uji KIR (uji kelaikan kendaraan), dan lain sebagainya.

Grup menyediakan peralatan dan perlengkapan teknis yang berkaitan dengan prosedur standar keselamatan kerja. Grup juga secara berkala melakukan pengawasan terhadap penerapan prosedur keselamatan di lapangan yang dibuktikan dengan catatan tingkat kecelakaan kerja yang rendah. Untuk mencapai hal-hal tersebut di atas Grup secara rutin mengadakan dan mengikutsertakan para pegawai dan mitra pengemudi dalam berbagai program pelatihan dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Tanggung Jawab Terhadap Masyarakat

Grup berharap dapat terus memberikan kontribusi aktif terhadap sosial dan masyarakat. Dimulai dari lingkungan sekitar area pool dan perlahan dapat menjangkau masyarakat yang lebih luas. Rencana yang disusun dan diimplementasikan oleh Grup mencakup focus kegiatan sosial pada aspek pendidikan, kesehatan, dan kemasyarakatan.

Tanggung Jawab Terhadap Pelanggan

Grup melakukan rekrutmen driver melalui seleksi ketat dan prosedur yang jelas. Hal ini dilakukan untuk memenuhi tanggung jawab atas keselamatan para pelanggan. Sebagai bentuk tanggung jawab Grup kepada keselamatan pengemudi dan pelanggan, Grup melakukan pemeliharaan kendaraan secara disiplin dan rutin.

Laporan Keberlanjutan


No Judul Deskripsi